Selasa, 12 Oktober 2010

PULAU JAWA DAN TRIK MUDIK LEBARAN

Sudah menjadi tradisi bangsa indonesia, bahwa saat lebaran orang-orang pada mudik ke kampung halaman, bersilaturahmi bersama keluarga di kampung halaman.Berikut adalah peta mudik yang saya ambil dari alamat http://www.cybermap.co.id/cybermudik/pop.petamudik.2008.php.
Untuk mendownload tinggal click masing-masing image tersebut. Biasanya peta ini secara hardcopy sudah didistribusikan oleh Departemen Perhubungan, dan saya kebetulan juga sudah ada versi hard copynya. Jika para pembaca belum mendapatkanya bisa mendownload langsung dibawan ini.
Peta Pulau Jawa Bakosurtanal
Peta Jalan Bakosurtanal
Tip & Trik Mudik
Selama saya di Jakarta saya selalu pulang kampung (mudik) tiap menjelang Hari Raya Idul Fitri, Pengalaman paling berkesan adalah pernah membawa kendaraan untuk pulang kampung ke Ngimbang non stop sehari semalam jadi sopir karena mobil baru dijual dan belum ada penggantinya akhirnya numpang sama Saudara eh, giliran numpang disuruh jadi sopir Jakarta - Ngimbang Non Stop berangkat dari Jakarta jam 12 malam nyampai di Ngimbang Pas buka Puasa, Biasanya saya selalu pulang disopiri kadang gantian karena kurang hafal jalan.
Berdasarkan pengalaman pulang kampung ke Ngimbang berikut adalah tip & trik pulang kampung ke daerah Ngimbang - Lamongan dan sekitarnya :
Sebelum berangkat lebih baik check kondisi kendaraan, tekanan ban, air radiator, air aki, minyak rem, minyak power steering dll
Berangkatlah ketika di waktu-waktu yang jarang orang berangkat (biasanya orang berangkat waktu habis tarawih, tengah malam, atau habis sahur), misalnya siang hari terik. Saya sudah beberaapa kali pulang kampung berangkat jam 11 siang,  atau sehabis sholat asar saya mengambil cuti satu jauh hari sebelum lebaran, dan jarang menemukan macet yang terlalu parah, Kenapa ..?
  • Biasanya pada berangkat malamnya, saya dari siang sudah berangkat duluan
  • Sudak tidak ada lagi pasar tumpah disiang hari, dimana pasar tumpah ini biasanya menjadi biang kemacetan
  • Orang-orang pada malas kalau berangkat siang-siang karena panas
  • Di siang hari perjalanan lebih aman dan tidak terlalu ngantuk
Persiapkan makanan/minuman untuk berbuka (bagi yang puasa). Karena kita tidak tahu pas magrib nanti ada tidak warung/tempat berbuka yang layak buat kita. Dan Biasanya warung/tempat makan sangat ramai menjelang waktu berbuka puasa
Kalau ngantuk atau cape beristirahatlah. POM Bensin adalah tempat faforit untuk beristirahat, sambil mengisi bensin dan sholat.
Ikuti aturan lalulintas yang ada dan patuhi perintah petugas.
Waktu di perjalanan jangan sepaneng, nikmati perjalanan mudik anda, walaupun dalam kondisi macet atau berhenti sekalipun.
Jalur Mudik Jakarta Ngimbang
  • Jalur Selatan : Dari tol Cikampek, langsung masuk Tol Cipularang, nagrek, ciamis, tasik malaya, majenang, wangon, Kebumen, Magelang, Solo, Ngawi, cepu, Bojonegoro, Babat, Ngimbang
  • Jalur Utara : Dari Tol Cikampek belok kiri, Cirebon, Tegal, Semarang,Demak, Kudus, Juwana, Rembang,Tuban, Babat, Ngimbang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar