Rabu, 30 November 2011

INILAH TUJUH BERLIAN BERWARNA TERMAHAL DI DUNIA

Berlian Spirit of de Grisogono (Elle.com)

KerinciGoogle.com Kilau berlian memang selalu menimbulkan kekaguman. Proses penambangan, pengolahan, hingga pemotongan yang rumit, membuatnya memiliki harga selangit.

Tak heran, banyak orang menjadikan berlian sebagai penghias diri sekaligus pengangkat gengsi, seperti tujuh berlian-berlian berikut. Dilansir dari
Elle.com, keindahan dan kelangkaannya, menjadikan tujuh berlian masuk daftar berlian berwarna termahal di dunia.

1. Berlian Pumpkin (US$3 juta atau Rp27 miliar)

Ditemukan pada 1997 dan dibeli seharga US$1,3 juta oleh Ronald Winston dari House of Harry Winston. Berlian yang memiliki nilai 5,54 karat ini, dimasukan dalam kategori Fancy Vivid Orange oleh Gemological Institute of America.
Nama Pumpkin dipilih Winston, karena ia membelinya sehari sebelum perayaan Halloween. Harganya saat ini diperkirakan mencapai US$3 juta atau Rp27 miliar. Cincin berlian Pumpkin pernah dikenakan Halle Berry pada 2002, saat memenangkan piala Oscar.

2. Berlian Flawless Blue (US$9,5 juta atau Rp 85,9 miliar)

Pada 2009, balai lelang Sotheby di Genewa menjual berlian Flawless Blue, seharga US$9,5 juta. Penjualan ini memecahkan rekor termahal untuk berlian warna biru. Berlian 7,03 karat berbentuk persegi panjang ini, dibeli seseorang yang tak diketahui namanya. Ia hanya melakukan transaksi selama 15 menit melalui telepon.

3. Berlian Sun-Drop (US $10,9 juta atau Rp95 miliar)



Berlian berbentuk buah pir warna kuning cerah ini ditemukan di Afrika Selatan tahun lalu. Berlian 'Sun Drop' ,110,3 karat dijual oleh Cora Internasional melalui balai lelang Sotheby di Jenewa. Para ahli permata menyatakan, batuan mulia ini menghasilkan gradasi warna tertinggi dari jenisnya.

4. Berlian Wittelsbach-Graff (US$24,3 juta atau Rp220 miliar)
Ditemukan di India pada pertengahan 1600an, berat berlian ini lebih dari 35 karat. Pada 2008, berlian ini dibeli oleh ahli perhiasan asal Inggrisr Laurence Graff.

5. Berlian Graff Pink (US$46 juta atau Rp416 miliar)


Berlian 24,78 karat berpotongan emerald ini pernah dimiliki oleh kolektor perhiasan, Harry Winston. Namun, pada 2010, berlian warna merah muda ini dilelang dan harganya mencapai US$46 juta atau Rp416 miliar. Setelah melalui proses pelelangan, berlian ini jatuh ke tangan Laurence Graff.

6. Berlian Hope (US$250 juta atau Rp2,2 triliun)


Berlian Hope ini 'bertempat tinggal' di Smithsonian National Museum of Natural History, Amerika Serikat. Disebut-sebut sebagai berlian paling romantis dan paling banyak dikunjungi selain lukisan 'Mona Lisa'.

Ditemukan di India pada tahun 1812, berlian 45,52 karat ini sudah pindah ke banyak pemilik selama bertahun-tahun, termasuk Harry Winston, Pierre Cartier, dan Lord Francis Hope, yang kini jadi nama berlian. Beredar mitos, kalau berlian ini memiliki kutukan, yaitu pemiliknya akan mati bunuh diri.

7. Berlian Spirit of de Grisogono (nilainya tak diketahui)
Beratnya mencapai 312.24 karat, Spirit of de Grisogono merupakan berlian hitam terbesar di dunia. Proses penambangan dilakukan selama beberapa dekade. Pada awalnya, berat berlian 587 karat. Kemudian, berlian ini dipercantik dengan dalam sebuah cincin emas yang juga dihiasi 702 berlian putih, dengan total 36,69 karat. (umi)
Sumber : VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar